Cara mudah belajar pemrograman komputer

Minggu, 01 November 2015

Hubungan erat hacking dengan pemrograman


Halo pembaca programmer goBlog baik yang memang pembaca setia maupun yang kesasar dimari dari mbah gugle.
Kali ini programmer goBlog mau sedikit membahas apa sih hubungan antara pemrograman dengan hacking..
Sok jadi keker dulu kita kali ini.
Hacking adalah sebuah kegiatan untuk masuk kedalam sistem seseorang dengan cara yang tidak biasa, baik itu legal maupun illegal. Loh bukanya hacking memang illegal ya? eits tidak semua kegiatan hack meng hack itu illegal di jaman serba teknologi seperti ini justru kegiatan hacking dan para hacker merupakan hal yang sangat diperhitungkan oleh pemegang sistem, bahkan perusahaan besar seperti facebook dan google memberikan hadiah yang besar bagi para hacker yang bisa menemukan celah keamanan pada sistem mereka. Nah, kegiatan hacking yang telah mendapat izin seperti ini adalah jenis hacking yang legal, asal memenuhi kriteria yang ditentukan perusahaan tentunya.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa hacking adalah kegiatan yang dilakukan untuk masuk dan mengambil alih sebuah sistem, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar dapat berhasil masuk kedalam sistem tersebut.
Hal mutlak pertama kali yang harus dilakukan adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai sistem yang akan di hack, cara kerja, sistem autentikasi, pengamanan, platform yang digunakan, apa saja perangkat yang terkait dengan sistem dll dll dll semua informasi yang berkaitan dengan sistem tersebut semakin banyak kita ketahui maka semakin besar kemungkinan kita untuk dapat masuk kedalam sistem tersebut dengan cara yang tidak biasa. Dengan mengatakan "cara yang tidak biasa" yang dimaksud penulis adalah masuk kedalam sistem tanpa melalui prosedur yang ditentukan si pembuat sistem.

Kemudian apabila semua informasi telah terkumpul, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencoba mengerti alur dan cara kerja sistem tersebut. Barulah kita bisa mencari celah bagaimana cara untuk masuk kedalam sistem tersebut.

Nah pada tahap ini kemampuan pemrograman kita mengambil peran, apabila ternyata pada tahapan mengumpulkan semua informasi kita secara beruntung mendapat banyak informasi termasuk tentang bahasa pemrograman yang digunakan dalam sistem tersebut, kita bisa langsung mencoba mencari kelemahan dari bahasa pemrograman tersebut untuk kemudian memanfaatkan kelemahan itu. Dalam beberapa kasus hacker bahkan bisa mendapatkan informasi berupa password dengan memanfaatkan kelamahan sistem seperti contoh SqlInjection. Apabila password yang didapat dari teknik sql injection sudah berupa password plain atau password dalam bentuk asli maka kita tinggal gunakan password tersebut untuk masuk kedalam sistem. Namun apabila password yang tersimpan berupa password yang telah di hash maka kita harus menemukan password asli dengan mengkonversi password tersebut kedalam bentuk password normal, caranya? nah itulah kenapa kita harus bisa pemrgoraman :D .
Hash merupakan teknik untuk menjadikan teks bias menjadi kumpulan karakter yang tidak bisa kita baca dan tidak bisa dikonversi kembali kedalam bentuk semula, jadi yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat kembali hash dari teks teks dan mencoba mencocoknya dengan password yang kita dapat dari sistem. Sepertinya sulit, sebab ada milyaran kosa kata yang harus kita cocokan, yah kita tinggal buat programnya, jalankan dan biarkan program bekerja kita tinggal tidur.. :D

Kita baru menggunakan satu teknik hacking yaitu SqlInjection, masih banyak cara dan teknik lain yang bisa dilakukan untuk masuk kedalam sebuah sistem secara tidak biasa.
Kita hanya akan membahas yang berkaitan dengan pemrograman. Katakanlah skenarionya begini, kita kan mencari kelemahan website dari sisi sql injection dan mengumpulkan website website tersebut untuk selanjutnya kita coba hack. Ini bisa dilakukan satu persatu dengan teknik sql injection, namun kalau dari sisi programmer kita bisa melakukan ribuan langkah ini dengan hanya satu klik pada sebuah program. Dengan kemampuan pemrograman yang baik kita bisa membuat sebuah program yang mengerjakan langkah langkah secara otomatis, mulai dari mengumpulkan daftar website yang akan di hack, menguji coba website tersebut memiliki kelemahan dari sisi sql injection atau tidak, mencoba mendapatkan data password dengan memanfaatkan teknik sql injection dan mendecript password apabila ternyata ditemukan dalam bentuk hash. Oleh seorang programmer langkah ini bisa di otomatisasi sehingga memungkinkan untuk meretas ribuan bahkan jutaan website tanpa kita harus meretasnya satu persatu, cukup buat programnya dan jalankan.

Nah itulah sobat, tentang hubungan erat pemrograman dan hacking, so untuk menjadi seorang hacker pemrograman merupakan hal yang juga harus dikuasai, dengan mengatakan ini programmer goBlog tidak mempertimbangkan hacker pada level paling bawah yaitu script kiddies yang bisanya cuma memakai program buatan orang untuk deface website dan mengaku ngaku hacker.. :D .
Apabila ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkanya pada kolom komentar dibawah ini.

1 komentar:

  1. Untuk belajar pemograman,apakah harus memiliki komputer atau laptop..?

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.