Cara mudah belajar pemrograman komputer

Selasa, 10 November 2015

Pemrograman sebagai kemampuan untuk mempermudah pekerjaan

Tulisan kali ini hanya dibuat untuk catatan penulis apabila dibutuhkan suatu waktu, namun apabila ada yang memerlukan baik untuk belajar maupun sebagai acuan, maka dipersilahkan untuk mengambil, memodifikasi, dan atau menggunakan tulisan ini.

Tulisan programmer goBlog kali ini dilatarbelakangi oleh proses submission e-journal untuk di index di International Scientific Indexing atau ISIIndexing.
Proses awal submission pada isi indexing adalah kita diwajibkan untuk mengisi form submission di websita isiindexing.com untuk selanjutnya submission akan dievaluasi dan apabila disetujui maka akan diindex sementara di website isi.
Beberapa hari setelah mengisi form submission, penulis dihubungi oleh ISI Indexing yang menyatakan bahwa jurnal yang saya ajukan telah diindex sementara dan diwajibkan menyelesaikan proses submission dengan membayar sejumlah biaya.

Pada tahap ini penulis merasa bingung karena tidak menembukan dimana journal yang penulis usulkan di index, karena menggunakan fasilitas search penulis tidak menemukan hasil.

Kemudian terfikir bahwa mungkin memang tidak bisa di cari menggunakan fasilitas search karena proses submission belum selesai. Namun pada halaman ini http://isindexing.com/isi/journals.php penulis melihat banyak juga jurnal yang belum menyelesaikan proses submission namun telah terindex sementara disana. Penulis kemudian mencoba mencari dari halaman ke halaman apakah FIAT JUSTISIA (nama jurnal yang penulis ajukan untuk di index) ada dalam daftar tersebut atau tidak.
Memperhitungkan banyaknya halaman yang harus penulis cek untuk memastikan keberadaan jurnal ini pada index ISI dan dengan koneksi internet yang lumayan menguras kesabaran, akhirnya penulis memutuskan untuk menulis program yang dapat mencari nama FIAT Justisia di index ISI secara otomatis.
Karena pada saat itu penulis tidak sedang berada di komputer yang biasa penulis gunakan untuk coding, akhirnya diputuskan untuk menggunakan bahasa pemrograman seadanya yang kebetulan sempat penulis install di komputer kantor tersebut.

Menggunakan bahasa pemrograman python, akhirnya dibuatlah script program sebagai berikut.



 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
import requests

#########################################################################################
#  Program Untuk Menemukan Apakah FIAT JUSTISIA TELAH DIINDEX OLEH isindexing   #
#  Ditulis Oleh : Jaylani Chalax                                                   #
#  Tanggal : 10/11/205                                                             #
#########################################################################################

page = 0;
limit =50;

while page<=1150:
 p = requests.get("http://isindexing.com/isi/journals.php?page="+str(page)+"&limit=50")
 print str(page)
 if "fiat" in p.content:
  print str(page)
  print "ini Fiat"
  break
 else:
  print "ini bukan fiat"

 print p.status_code
 page = page+limit



Script program ini hanya memiliki satu tugas yaitu, buka halaman listing index milik isi dii http://isindexing.com/isi/journals.php kemudian munculkan 50 hasil dan scan apakah terdapat kata "Fiat" pada halaman tersebut, jika ya maka beritahu kami bahwa di halaman tersebut terdapat kata fiat dan hentikan proses pencarian.
Apabila tidak ditemukan pada halaman tersebut maka beritahu kami bahwa tidak ditemukan kata fiat pada 50 list pertama, lantas lanjutkan ke list 50 sampai 100 dengan menaikkan nilai page dari 0 ditambah limit. page=page+limit

Setelah program dijalankan dan mengakses list ke 400-450 maka program akhirya menemukan journal FIAT JUSTISIA ada dalam daftar tersebut.

Nah begitulah kira kira penjelasan program kecil nan sederhana ini, yang akhirnya memudahkan penulis untuk menemukan journal FIAT JUSTISIA telah terindex sementara oleh isi dan dapat melanjutkan proses submission jurnal ke tahap selanjutnya.


Programmer goBlog akhirnya memutuskan untuk menulis latar belakang serta hasil dari permasalahan sederhana ini dan memasukkannya kedalam blog programmerGoBlog selain sebagai pengingat juga dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa pemrograman dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan perkara yang menyusahkan dan merepotkan dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Akhirkata apabila ada kritik saran dan atau pertnyaan, jangan ragu untuk meninggalkan jejak pada kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.