Cara mudah belajar pemrograman komputer

Kamis, 12 Februari 2015

Program untuk membedakan bilangan ganjil dan genap, pengertian dan pengenalan modulus



Eh ketemu lagi dengan si programmer goBlog.
Pada tulisan kali ini kita membuat program yang dapat membedakan mana bilangan genap dan mana bilangan ganjil.
Kita juga masih akan menggunakan variabel dan logika kondisi seperti pada bahasan kita sebelumnya tentang Cara mudah untuk memahami Pengertian dan penerapan logika if dan else

Baik langsung saja buka notepad nya dan ketik ulang script berikut.

var oShell = WScript.CreateObject("WScript.Shell");

var bilangan = 346;

oShell.run("notepad");

WScript.sleep(1000);

if(bilangan % 2 == 0){

 oShell.sendKeys("merupakan bilangan genap");

} else {

 oShell.sendKeys("merupakan bilangan ganjil");

}

Simpan dan beri nama dengnan lima.js lalu jalankan.

Program ini akan membuka notepad dan menulis "merupakan bilangan genap" apabila isi dari variabel bilangan merupakan bilangan genap, dan jika bukan (else) maka program ini akan menulis "merupakan bilangan ganjil")

Jika kita menengok ke tulisan sebelumnya yaitu program empat.js tentang if else maka tinggal satu hal pada program diatas yang belum dijelaskan. Perhatikan pada baris ini if(bilangan % 2 == 0){ 
Apa sih maksudnya simbol % ini???
Ini simbol di javascript untuk modulus atau modulo atau mod. Penulisan modulus berbeda-beda tergantung dengan bahas pemrogramannya. Pada bahasa C dan keturunanya mod atau modulus ini disimbolkan dengan % sedangkan untuk keturunan bahasa pascal mod dituliskan dengan mod. contoh apabila baris diatas merupakan bahasa delphi mana penulisanya akan menjadi bilangan mod 2 .
Lalu mahluk apa gerangan si modulus ini? modulus adalah operasi aritmatika untuk membagi bilangan hingga tidak bisa dibagi lagi, atau sipelnya mencari sisa hasil bagi.
Misal pada kasus program kita diatas maka yang sebenarnya dilakukan adalah membagi nilan variabel bilangan (yaitu 346) berulang ulang dengan bilangan 2 hingga tidak bisa dibagi lagi. Dan sisa pembagian inilah merupakan hasil dari mod. Pengertian yang cukup goBlog kalau kita punya latar balakang matematika, tapi toh tujuanya kan yang penting kita ngerti kalau untuk mencari sisa hasil bagi dari suatu bilangan tertentu ya dengan modulus.
coba ubah-ubah nilai angka pada variabel bilangan dalam kode-program diatas, dan lihat hasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.