Cara mudah belajar pemrograman komputer

Minggu, 01 Maret 2015

Perbedaan IP pada komputer dengan ip yang terdeteksi oleh server atau website



Ip kita yang bener yang di cmd atau yang di whatismyip? kok bisa beda ya?
Pertanyaan ini saya temukan disebuah forum diskusi di facebook.
Saya sedikit membaca beberapa komentar atas pertanyaan tersebut ada yang menyebutkan ip local vs ip public, ada yang menyebutkan yang di cmd itu ip dhcp, ada yang menyebutkan ip yang betul yang di cmd dll dll.
Jawaban jawaban tersebut semuanya benar.
Kok bisa begitu? ip nya beda lho yang di cmd dan di whatismyip. kan katanya ip itu angka unik yang mewakili alamat setiap perangkat yang komputer yang terhubung ke internet, kalau unik harusnya cuma ada satu dong. kok ini dua??

Untuk menjelaskan hal tersebut kita simak uraian berikut ini.
IP terbagi menjadi dua kategori, IP local dan IP publik.
Nah, mahluk apa mereka berdua ini?
Seperti penjelasan sebelumnya bahwa IP merupakan alamat unik untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet. IP ini terdiri dari 32 bit angka biner yang tebagi kedalam empat segmen dan dipisahkan tanda titik (contoh : 114.124.32.93).
Karena ip merupakan angka unik yang hanya boleh dimiliki satu perangkat pada jaringan internet, maka didirikan suatu badan organisasi untuk mengatur alokasi ip  Internet Assigned Numbers Authority (IANA). IP inilah yang kemudian kita kenal dengan ip publik.
Oleh karena jumlah perangkat yang terhubung ke internet semakin bertambah dan regulasi untuk memperoleh ip publik ini semakin diperketat, maka ditemukanlah sebuah metode untuk membagi IP publik ini untuk dapat digunakan beberapa komputer atau perangkat yang ingin terhubung ke internet. NAT atau network address transilation merupakan metode yang paling banyak digunakan.
Lantas bagaimana bentuk atau cara kerja dari metode ini?

Perhatikan simulasi pada gambar dibawah ini --abaikan topologi nya--



Katakanlah operator A hanya diberi 1 IP publik dan operator B juga hanya diberi 1 IP publik, lantas bagaimana komputer atau perangkat yang menggunakan jasa operator tersebut untuk dapat terkoneksi ke jaringan internet sedangkan operator hanya memiliki satu IP?
Untuk mengatasi hal tersebut disinilah peran NAT. Operator dapat memberikan IP sesukanya terhadap komputer atau perangkat yang menggunakan jasa internet dari Operator atau provider tersebut, ip inilah yang kemudian kita kenal dengan ip local. ip local yang berada dibalik NAT tidak dapat diketahui oleh perangkat diluar jaringan operator A, inilah kenapa operator bisa memberikan IP sesukanya (tentu demi tujuan penjelasan sederhana kita mengacuhkan aturan pembagian class dll dll) kepada komputer atau perangkat di jaringan local tanpa harus khawatir akan berbenturan dengan ip yang sudah ada di internet, karena pada dasarnya ip yang mereka berikan tidak akan terdeteksi di internet, yang akan terdeteksi hanya IP publik yang dimiliki oleh si operator.
Hal ini menjelaskan kenapa ip di CMD pada pertanyaan awal kita tadi dengan ip pada whatismyip berbeda, karena ip pada CMD merupakan IP local pemberian operator sedang ip yang muncul pada whatismyip merupakan ip public milik si operator.

penggunaan kata operator adalah untuk menyatakan internet service provider atau penyedia jasa layanan internet (dapat diibaratkan operator telepon selular yang saat ini menyediakan service internet)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.