Cara mudah belajar pemrograman komputer

Kamis, 12 Maret 2015

Mengapa kita perlu belajar pemrograman komputer

Mengapa kita perlu belajar pemrograman komputer


Halo sobat programmer, ketemu lagi dengan programmer goblog.
Kali ini kita akan membahas kenapa sih kita perlu belajar pemrograman komputer?
Seseorang pernah berkata "Every child in this country should learn how to code, becouse it's teach you how to think" siapa yang mengatakan? steve job. Well meskipun saya bukan salah satu penggemar beliau tetapi saya setuju dengan pemikiran ini.
Pemrograman komputer tidak hanya sekedar tentang belajar membuat aplikasi komputer ini tentang bagaimana kita berfikir, bagaimana kita memecahkan permasalahan dengan langkah langkah yang masuk akal. Terlebih lagi ketika kita merupakan orang yang bergelut di dunia teknologi baik itu mahasiswa ilmu komputer ataupun bidang terkait maupun orang yang belajar secara otodidak untuk masuk ke dunia teknologi.
Pemrograman merupakan bidang ilmu yang sangat luas pengaplikasianya, tidak hanya terbatas bagi mereka para programmer tetapi ini merupakan hal paling mendasar yang perlu kita kenal dan pelajari apabila kita memutuskan untuk masuk ke dunia teknologi.
Mengapa saya katakan demikian? selain alasan pertama tadi bahwa kita perlu belajar pemrograman komputer untuk melatih bagaimana cara kita berfikir dan menyelesaikan masalah, melainkan juga karena fakta bahwa setiap perangkat teknologi merupakan komputer yang bisa kita program. Ah saya mau jadi hacker aja ngapain belajar pemrograman. Ah saya mau jadi database administrator aja lah jadi gak harus belajar pemrograman. Ah saya mau jadi ahli jaringan komputer aja lah gak perlu tau apa itu mahluk yang namanya pemrograman. atau ah saya kuliah di bidang robotik dan elektro, ngapain saya harus pusing-pusing dengan pemrgoraman. Well anda mungkin benar, tetapi mari pertimbangkan hal ini. Perangkat apa yang anda ingin hack ketika anda menjadi seorang hacker? perangkat apa yang mengolah data digital atau database, RDBMS? perangkat jaringan hampir semuanya komputer --well kecuali kabel--. Robotik? elektro? anda fikir jauh dari komputer?
Semua hal diatas merupakan komputer, mulai dari hal simple seperti kalkulator sampai smartphone anda merupakan komputer. Router board, server, microprocessor? semuanya bisa di program, dan memang harus di program untuk dapat bekerja, bahkan robot dengan microrocessor nya perlu di program.
anda mungkin akan tetap menjadi ahli robot, ahli jaringan, hacker handal, admin database cakap tanpa harus mempelajari dan masuk ke dunia pemrograman komputer, tetapi mari pertimbangakan hal ini. bayangkan ketika anda menjadi seorang hacker dan ternyata anda memerlukan keahlian untuk menulis program untuk dapat masuk ke sebuah sistem, atau simpel nya anda harus bisa menulis kode program untuk dijadikan sebagai backdoor. Atau anda terpaksa harus mengkalibrasi ulang perangkat jaringan komputer anda dengan menambal beberapa celah keamanan pada perangkat lunak yang terintegrasi dengan router anda, atau anda harus memprogram microcontroller robot anda supaya bisa bergerak sesuai dengan kemampuan anda tanpa tergantung program yang ditulis oleh orang lain? Akan sangat mudah dan menyenangkan apabila anda tau bagaimana cara menulis sebuah program, atau setidaknya anda mengerti bagaimana program tersebut bekerja.

Nah itulah sobat sedikit pandangan dan pendapat saya tentang mengapa kita perlu belajar pemrgoraman komputer. Jika anda mempunyai alasan lain mengenai kenapa kita perlu belajar pemrograman komputer jangan ragu untuk menuliskan pendapat anda tersebut pada kolom komentar dibawah. Dan apabila anda merasa sependapat dengan saya tentang mengapa kita perlu belajar pemrograman komputer jangan sungkan untuk membagikan tulisan ini melalui tombol share media sosial dibawah ini.
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini, semoga dapat memberikan manfaat dan motivasi kepada sobat semua yang saat ini mungkin sedang belajar untuk memasuki dunia teknologi.
Keep calm and stay coding...

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.