Cara mudah belajar pemrograman komputer

Senin, 09 Februari 2015

Mengenal IDE Integrated Development Kit sebagai kotak peralatan



Eh ketemu lagi dengan si programmer goBlog..
Pada artikel sebelumnya kita sudah berkenalan dengan mahlum mahluk astral dari dunia komputer yang bernama compiler dan interpreter.
Nah kali ini kita akan berkenalan dengan tuyul yang namanya IDE. Kalau bahasa keren nya sih, Integrated Development Kit yaitu sebuah kumpulan perangkat-perangkat yang diperklukan untuk membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi. Pengertian goBlog nya si kotak perkakas.
Apa aja sih isi kotak perkakas ini?
Kotak perkakas atau IDE ini berisi perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk menulis sebuah program aplikasi, seperti text-editor seperti notepad yang kita gunakan untuk membuat program pertama kita di tulisan ini. Dan juga berisi Compiler dan atau interpreter.
Lebih jauh lagi IDE yang dirancang untuk pengembangan aplikasi khusus seperti Aplikasi Blackberry, Android atau Windows Phone dilengkapi dengan perangkat tambahan berupa emulator atau simulasi perangkat mobile tersebut.

Secara umum yang dapat dikategorikan sebagai IDE adalah aplikasi yang memiliki text editor serta compiler dan interpreter serta debuger yang terintegrasi kedalam satu aplikasi.
Contoh IDE misalnya Netbean, Eclipse, Microsoft Visual Studio, Turbo Pascal, xCode, textpad dll.

Para mahluk bernama IDE ini biasanya dapat digunakan untuk menulis dan mengcompile serta menjalankan aplikasi yang ditulis dalam berbagai jenis bahasa pemrograman komputer. Misalnya Netbean dan eclipse dapat digunakan untuk PHP, JAVA, C/C++, C#, Python, Perl dll. Microsoft Visual Studio dalat digunakan untuk bahas Vb, C#, C++. Tentu tidak semua IDE tersebut secara default mendukung semua bahasa pemrograman, namun dengan disediakanya plugin-plugin khusus maka IDE ini memungkinkan kita untuk menambah atau mengintegrasikan fitur-fitur yang kita perlukan, seperti pada eclipse misalkan kita harus menambahkan ADT plugin atau Android Development Tools plugin untuk dapat menggunakan Eclipse sebagai IDE untuk membangun applikasi untuk android.

Nah, jadi sudah agak mudeng kan siapa sih si IDE ini, apa aja isinya dan apa aja gunanya.
Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk untuk mengacungkan jari tangan anda dan berteriak dengan langtang di kolom komentar.

Akhirkata semoga artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk berbagi pengetahuan untuk orang lain. karena semakin banyak kita berbagi maka ilmu yang kita miliki akan semakin bertambah.
Kami programmer goBlog, belajar dengan cara-cara goblog namun efektif...

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.