Cara mudah belajar pemrograman komputer

Rabu, 18 Februari 2015

Hal hal yang perlu kita ketahui dalam bahasa pemrograman java

Java seperti halnya dengan bahasa pemrograman lain dan bahkan bahasa yang kita gunakan sehar-hari memiliki atutan-aturan yang harus diperhatikan dan ditaati.
Java merupakan bahasa yang case-sensitive maksudnya huruf kapital dan huruf kecil tidak bisa disamakan, misalnya Java den java adalah dua hal yang berbeda.

Perhatikan contoh kode program dalam bahasa java berikut.
public class namaKelas{
 public static void main(String []args){
  //kode program untuk manampilkan tulisan programmer goblog
  /* ini merupakan contoh komen
   yang bisa kita lakukan
  di java */
  
  String namaSaya = "Programmer goBlog";
  System.out.println();
 }
}


Aturan-aturan yang ada pada bahasa java dapat diuraikan seperti dibawah ini.
1. Keywords

Keyword merupakan kata yang ditanamkan langsung kedalam bahasa pemrograman java, artinya kata yang memang telah memiliki arti tersendiri dengan tugas dan fungsi sendiri. Pada program diatas kita dapat melihat contoh bentuk dari keyword adalah seperti public, static, void, class.

2. Identifier
Identifier dapat diibaratkan seperti nama seseorang atau nama benda, kita bisa memberi nama benda sesuai dengan keinginnan kita. seperti pada contoh diatas yaitu nama variabel namaSaya anda dapat memberinya nama sesuai keinginan anda, namaPacarSaya, namaPamanSaya, kataBasing. Namun selain ada indentifier yang bisa kita gunakan sesuka kita ada pula identifier yang telah disetujui bersama dan memiliki arti tertentu yang tidak dapat kita gunakan sesuka hati, misal pada contoh kode diatas yaitu System, out, println.

3. Punctuation
Pada tulisan tulisan sebelumnya anda sering membaca kalimat "tergantung aturan penulisan pada masing-masing bahasa pemrogramannya". Ketika saya mengatakan demikian yang saya maksud adalah tanda baca atau punctuation yang digunakan dalam bahas pemrograman (well atau dalam bahasa apapun). Dalam bahasa pemrograman java seperti pada contoh diatas anda dapat melihat tanda { atau } tanda ; tanda = tanda " dll dll. Tanda-tanda diatas dapat dikatakan sebagai tanda baca yang memiliki arti-arti tertentu. seperti tanda { } untuk mengelompkkan baris demi baris atau kumpulan kode-kode program. Tanda ; berarti mengakhiri baris perintah tersebut dsb.

4. Literal
Literal disini maksudnya adalah isi dari sesuatu, atau apapun yang terlihat dan bermakna sama dengan yang tertulis. Dalam contoh diatas yang dapat dikatakan literal adalah kalimat programmer goBlog yang disatukan dalam tanda petik dua. Anda dapat membaca aturan penulisan kalimat, angka atau bilangan, dan karakter pada tulisan sebelumnya tentang variabel di java.

5. Comment
Komentar atau comment merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam pemrograman, komentar sangat diperlukan untuk seseorang dapat mengerti maksud dari kode-kode program yang kita tulis. Atau mungkin juga akan sangat berguna ketika kita mencoba mengerti program yang kita tulis beberapa tahun yang lalu. Komentar merupakan bagian dari kode program yang tidak akan dieksekusi atau dijalankan oleh compiler pada saat penterjemahan kedalam bahasa mesin --atau kedalam bytecode. Pada contoh program diatas kita dapat melihat komentar diawali dangan dua garis miring // atau /* dan diakhiri dengan */
Tanda // maksudnya memberitahu compiler bahwa apapun yang berada dibelakang tanda // merupakan komentar yang tidak perlu diterjemahkan atau di compile. Tanda // hanya berlaku untuk satu baris. Sedangkan apabilan anda menginginkan komentar untuk beberapa baris atau bahakn paragraf anda dapar menggunakan /* dan */
Tanda ini maksudnya memberitahu komputer jangan menterjemahkan apapun setelah /* dan sebelum tanda */ jadi apapun yang ada didalam tanda tersebut merupakan komentar yang tidak akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin oleh si compiler.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.