Cara mudah belajar pemrograman komputer

Minggu, 08 Februari 2015

Hal hal mendasar yang patut kita pertimbangkan dan pahami sebelum belajar pemrograman komputer



Hai bertemu lagi dengan saya si programmer goBlog.  Kali ini kita akan membahas beberapa hal mendasar dalam pemrograman komputer.  Banyak orang berpendapat belajar bahasa pemrograman itu sulit,  bahkan sebelum belajar bahasa pemograman  kita sudah didinginkan dengan banyaknya macam macam bahasa pemrograman. Namun dari sudut pandang saya apabila kita sudah mengerti hal mendasar dalam sebuah  bahasa pemograman komputer maka belajar satu bahasa ke bahasa lain tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Hal mendasar apa yang diperhatikan sebelum kita belajar ataupun memutuskan bahasa pemrograman mana yang akan kita pelajari. Berikut saya sampaikan beberapa mendasar yang perlu diperhatikan atau dikuasai sebelum kita mempelajari bahasa pemrograman tertentu.

Hal paling fundamental dalam pemograman komputer yaitu logika,  bagaimana cara kita berpikir secara logis untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Dalam dunia komputer istilah ini sering disebut dengan algoritma yaitu berdasarkan pengertian nya algoritma merupakan cara cara atau langkah langkah bisnis yang ditempuh untuk menyelesaikan semua permasalahan.
 Contoh sederhananya seperti ini, bayangkan di hadapan anda ada 3 buah tiang tersusun dari kiri ke kanan,   pada tiang pertama terdapat 3 buah ban dengan diameter yang berbeda. Ban dengan diameter terbesar di letakkan di paling bawah kemudian yang lebih kecil diletakkan  dan ban yang paling kecil diletakkan paling atas pada tiang pertama. Bagaimana cara untuk memindahkan  ban ban ini dari tiang pertama ke tiang yang ketiga satu persatu sehingga membentuk susunan yang sama pada tiang pertama dengan bantuan tiang kedua, namun pada saat kita memindahkan ban ban ini tidak boleh tertumpuk pada satu tiang dengan ban yang lebih kecil terletak dibawah ban yang berdiameter lebih besar.
 Maka langkah langkah logis yang bisa kita tempuh untuk menyelesaikan persoalan ini yaitu dengan cara sebagai berikut:
1.  Pindahkan ban paling kecil dari tiang pertama ke tiang yang kedua
2.  Pindahkan ban kedua(ban dengan diameter sedang) ke tiang yang ketiga
3.  Pindahkan ban paling kecil ke tiang ketiga, diletakkan diatas ban dengan yang berdiameter sedang tadi.
4.  Pindahkan ban berdiameter paling besar ke tiang kedua yang saat ini telah kosong lagi.
5.  Pindahkan ban terkecil dari tiang ketiga ke tiang kedua hingga terletak diatas ban paling besar
6.  Pindahkan kembali ban berdiameter sedang dari tiang ketiga ke tiang pertama yang saat ini telah kosong
7.  Pindahkan ban paling kecil yang saat ini berada di tiang kedua ke tiang pertama sehingga terletak diatas ban sedang.
8.  Pindahkan ban paling besar dari tiang kedua ke tiang ketiga.
9.  Pindahkan ban paling kecil dari tiang pertama ke tiang kedua.
10 Pintahkan ban sedang dari tiang pertama ke tiang ketiga sehingga terletak diatas ban paling besar
11. Pindahkan ban paling kecil dari tiang kedua ke tiang ketiga sehingga terletak diatas kedua ban lainya.
selamat anda berhasil menyelesaikan persoalan dengan langkah langkah yang logis.

Namun tahukah anda bahwa anda bisa melakukanya dengan langkah langkah yang lebih sedikit.
1. Pindahkan ban paling kecil dari tiang pertama ke tiang ketiga
2. Pindahkan ban sedang dari tiang pertama ke tiang kedua
3. Pindahkan ban paling kecil dari tiang ketiga ke tiang yang kedua diatas ban sedang
4. Pindahkan ban paling besar dari tiang pertama ke tiang ketiga
5. Pindahkan ban paling kecil dari tiang kedua ke tiang pertama
6. Pindahkan ban sedang dari tiang kedua ke tiang ketiga diatas ban paling besar
7. Pindahkan ban paling kecil dari tiang pertama ke tiang ketiga diatas kedua ban sebelumnya
Permasalah terselesaikan.

Kedua cara tersebut sama-sama dapat diterima karena dapat menyelesaikan permasalahan. Namun jika yang kita butuhkan adalah efisiensi, maka cara kedua yang lebih efisien.

Nah kemampuan berfikir logis ini yang sangat diperlukan dalam pemrograman komputer.

Dalam bahasa pemrograman komputer, logika logika ini terbagi kedalam beberapa hal. Seperti:
1. Logika kondisi
Dalam bahasa pemrograman logika kondisi ini dijelaskan dengan if else, masing-masing bahasa pemgrograman memiliki caranya sendiri dalam menuliskannya, namun jika kita berbicara logika kondisi secara umum, maka kita dapat mengansumsikanya seperti pada matematika.
Jika ayah pergi, maka saya juga pergi.
Jika ayah tidak pergi maka saya juga tidak pergi.

Jika ayah pulang pagi
Maka saya akan memasak lebih banyak

jika kita dapat memahami logika dari kalimat-kalimat diatas, maka kita pasti bisa menerapkanya dalam pemrograman komputer.

2. Perulangan
Perulangan merupakan kegiatan untuk melakukan hal yang sama berulang ulang kali.
Misal anda memiliki seorang teman dan anda ingin meminta teman anda memindahkan sepuluh karung beras dari rumah ke warung. Anda akan memintanya "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung" setelah selesain mengangkat dan teman anda kembali lagi, maka anda mengetakan lagi "angkatkan karung ini ke warung".
Perulangan adalah tentang bagaimana anda meminta teman anda hanya satu kali, namun kesepuluh karung beras tersebut dipindahkan semua olehnya. Bagaimana caranya, katakan saja "angkat dan pindahkan karung ini dari sini ke warung dan kembali lagi, kalau masih ada angkat dan pindahkan ke warung lagi".
Idenya adalah, cukup meberikan satu kali intruksi maka pekerjaan pekerjaan berulang ulang dilakukan hingga selesai.

3. Jenis, Nama dan isi benda
Pada kehidupan nyata terdapat benda-benda dengan nama dan isi benda benda tersebut. Dalam pemrograman komputer benda-benda ini dikenal dengan istilah variabel. Cangkir kuning merupakan wadah untuk menampung air.
Dalam bahasa pemrograman cangkir kuning merupakan nama variabel sedangkan jenisnya adalah wadah dan isinya adalah air. Masing-masing bahanya pemrograman memiliki aturan tersendiri dalam penulisan variabel dan tipenya, namun dengan memahami konsepnya, maka kita tidak akan menemui kesulitan untuk mengaplikasikanya dari satu bahasa pemrograman ke bahasa lainya.

4. Kegiatan atau operasi
Tambahkan ini, naikan itu, kurangkan ini, bagi dengan itu.
Kegiatan-kegiatan seperti diatas merupakan sebuah bentuk operasi, dalam matematika kita bisa mengenal penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dll. Hal ini juga berlaku dalam pemrograman komputer. Contoh penggambaran aplikasinya didunia nyata dengan pemrograman komputer seperti ini. Isi ember kuning dua liter air, Isi ember hijau dengan 3 liter air, pindahkan isi ember hijau dan isi ember kuning ke ember biru. Berapakah isi ember biru?
Jika dalam pemrograman biasa kita tulisakan seperti ini.
emberKuning = 2;
emberHijau = 3;
emberBiru = emberKuning + emberHijau;
echo emberBiru;

5. Fungsi
Dalam kehidupan nyata, beberapa hal memiliki fungsi. Seperti mesin jahit berfungsi untuk mengubah kain menjadi pakaian, mesin tenung mengubah benang menjadi kain, dll. Dalam dunia pemrograman komputer fungsi biasa disebut dengan function atau berbeda-beda tergantung bahanya pemrogramanya.
Contoh dalam bahasa java kita mengenalnya dengan method, dalam bahasa PHP dan javaScript dikenal dengan function, dalam vb, pascal, delphi dikenal dengan procedure. Meskipun memiliki sebutan yang berbeda namun ketiganya memiliki pengertian dan kegunaan yang sama. Pada tahap ini anda belum harus mengerti apa itu php javascript dan mahluk mahluk aneh dalam contoh ini. Kita akan mempelajarinya lebih dalam pada artikel-artikel selanjutnya.

Dengan memahami hal-hal diatas, kita akan dengan mudah mengerti atau setidaknya akan membantu kita dalam mengerti dan mempelajadi pemrograman komputer maupun bahasa pemrograman komputer.

Sampailah kita di penghujung tulisan ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi bekal bagi kita untuk memasuki dunia komputer. Jika anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Dan apbila anda merasa tulisan ini sedikit berbeda dari tulisan-tulisan lain tentang sudut pandang pemrograman komputer, ini bukan tanpa disengaja karena memang kami programmer goBlog, belajar dan mengajarkan dengan cara goBlog, tetapi bukan dengan cara pemalas.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.