Cara mudah belajar pemrograman komputer

Senin, 02 Februari 2015

Temukan ponsel android anda yang hilang



Berawal dari pengalaman salah seorang teman yang kehilangan beberapa barang berharga termasuk handphone dan rasa ketidak mampuan untuk berbuat apa apa untuk mencari dan menemukan barang yang hilang tersebut. penulis terfikirkan untuk mencari sebuah applikasi yang dapat berguna untuk saat saat demikian.
Pada awalnya penulis terfikirkan untuk membuat applikasi semacam ini, untuk menemukan handphone yang hilang baik dicuri, atau saat kita lupa dimana meletakkan handphone tersebut didalam rumah. Applikasi seperti ini harus memenuhi beberapa kriteria dan kemampuan antara lain:

1. Mampu mencatat dan memberikan informasi bedasarkan geolocation yang terintegrasi dengan layanan peta digital secara akurat, sehingga kita dapat menemukan dimana letak ponsel tersebut berada meskipun berjarak ribuan kilometer jauhnya. Geolocation ini harus dapat diakses melalui web browser. Informasi tentang koordinan yang dicatat harus dapat diberikan melalui jalur internet maupun sms.

2. Memiliki fitur wipe data secara remote, dimana kita akan membutuhkan ini jika kita tidak menginginkan data-data penting dan rahasia kita dimiliki oleh orang lain ketika kita kehilangan ponsel tersebut.

3. Dapat dijangkau atau dikendalikan melalui internet maupun sms, sehingga sekalipun ponsel tersebut kehabisan paket data atau paket data sengaja dimatikan maka akan tetap dapat dijangkau denga menggunakan fitur sms.

4. Dapat mengaktifkan kamera dan microphone secara remote baik melalui jalur internet maupun sms, sehingga kita dapat menangkap suara serta kemungkinan gambar si pencuri atau pemilik baru si ponsel kita yang hilang tersebut.

5. Dapat mengubah profil suara dari silent menjadi dering, sehingga ketika ponsel tersebut hilang dalam keadaan silent, akan dapat diubah menjadi berdering dan dapat kita dengar suaranya ketika kita melakukan panggilan ke nomor ponsel tersebut saat kita lupa meletakkannya dirumah.

6. Aplikasi tesebut dapat bejalan pada level service tanpa antarmuka ataupun icon pada android, sehingga akan dibutuhkan cara akses kusus yang dapat digunakan. Misalkan dengan kombinasi tombol tombol tertentu. Hal ini bertujuan agar ketika ponsel kita hilang dicuri, maka si pelaku tidak akan menyadari bahwa ada aplikasi semacam ini di ponsel tersebut.


Berbekal kemampuan ini, maka aplikasi pelacak ponsel tersebut sudah memenuhi syarat kemampuan dasar. berbekal kebutuhan tersebut penulis akhirnya menelusuri google playstore, dan menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.
apa saja aplikasinya?
berikut daftarnya.

1. Find My Phone - Anti-loss Pro
Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat mengirimkan pesan ke ponsel anda yang hilang dan aplikasi find my phone yang terinstal di ponsel tersebut akan membalas sms anda tentang link ke lokasi ponsel tersebut berada melalui google map. Atau jika anda lupa dimana meletakkan ponsel anda didalam rumah, kirimkan pesan ke ponsel anda tersbut, maka find my phone akan membuat ponsel anda berdering kencang sekalipun dalam keadaan silent. Aplikasi ini juga mampu memberikan pemberitahuan segera setelah seseorang mengganti sim card di ponsel tersebut. Dalam keadaan tertentu dimana anda sangat memprioriataskan kerahasiaan data didalam ponsel tersebut, find my phone juga memungkinkan anda menghapus data-data didalam ponsel secara remote dari jarak jauh.

anda dapat menemukan aplikasi tersebut dari tautan ini.


2. Where is my droid
Aplikasi ini dapat anda install secara gratis maupun versi berbayar.
Pada versi gratis, aplikasi ini akan mampu untuk:
- Membuat ponsel anda berdering
- Menemukan ponsel anda berdasarkan lokasi GPS
- Menerima pesan sms untuk mengaktifkan beberapa fitur yang akan memudahkan dalam proses pencarian ponsel anda.
- Proteksi password untuk mencegah pengubahan pengaturan aplikasi oleh orang yang tidak berwenang.
- where is my droid juga mampu memberikan pemberitahuan apabila sim card anda diganti
- memiliki mode dimana aplikasi tidak akan menampilkan sms yang masuk apabila itu merupakan sms anda dalam upaya menemukan ponsel tersebut, sehingga si pemegang ponsel tidak akan menyadari ada sms masuk.
- Anda dapat pula mengatur nomor nomor tertentu yang dapat memberikan perintah terhadap aplikasi ini.

Dengan versi pro, anda bahkan akan lebih memiliki keleluasaan dalam hal kendali terhadap ponsel anda yang hilang tersebut.
Pada versi pro, anda dimungkinkan untuk dapat mengambil gambar melalui kamera ponsel tersebut, mengunci ponesl tersebut dari jarak jauh, menghapus data yang ada di dalam ponsel tersebut dari jarak jauh, mencegah aplikasi ini untuk diuninstal, menyembunyikan icon applikasi. anda bahkan dapat mengubah ringtone ponsel tersebut dari jarak jauh..

anda dapat menemukan aplikasi tersebut dari tautan berikut.


baiklah, kedua aplikasi tersebut dan banyak lagi aplikasi semacam itu di google playstore adalah aplikasi yang sangat berguna ketika kita kehilangan ponsel baik karena dicuri atau karena kita lupa dimana meletakkanya saat dirumah.
Mamun secara pribadi penulis merekomendasikan aplikasi yang kedua berdasarkan syarat yang penulis sebutkan diawal..

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.