Cara mudah belajar pemrograman komputer

Jumat, 13 Februari 2015

Bagaimana menghafal bahasa pemrograman?

Hai ketemu lagi dengan chalax si programmer goBlog.
Barusan main-main alam lain, internet maksudnya. Ketemu dengan pertanyaan "Bagaimana ya caranya untuk mudah menghafal bahasa pemrograman?"
Bahasa pemrograman bukan Kitap Undang undang kawan, yang bisa dibaca dan dihafalkan. Banyak programer handal diluaran sana yang mengerti dan menguasai banyak bahas pemrograman, tetapi bukan karena mereka hafal semua sintak dan aturan yang ada di semua bahasa-bahasa pemrograman tersebut. Cara untuk mahir satu bahasa pemrograman gampang, terus coding. Latih dan latih terus kemampuan kita di bahasa tersebut, coba temukan permasalahan sebanyak munngkin dan coba selesaikan dari sudutpandang pemrograman dan gunakan bahasa pemrograman tersebut.
Tetapi berbeda jika kita ingin mahir dalam banyak bahada pemrograman, jika kita menerapkan metode seperti tadi, bukan tidak mungkin, tetapi sulit. Katakanlah kita akan belajar bahasa java, kita membutuhkan waktu misalkan saya tegaskan lagi misalkan selama satu tahun terus menerus membuat program dengan bahasa java. Lalu setelah kita merasa mahir, kemudian kita berfokus untuk menguasai bahasa pemrograman lain seperti C# misalkan, kita terus dan terus berlatih dan mengasah kemampuan menulis program dengan bahasa C#. Setelah kita mahir bahasa c#, mungkin bagi yang kapasistas otaknya lebih, akan tetap mahir dan mengingat aturan serta sintak-sintak bahasa sebelumnya yaitu java, namau kalau itu saya si programmer goBlog bisa jadi saya bahkan sudah lupa bagaimana membuat program hello world dengan java.
Itu asumsi dengan belajar dua bahasa, berapa kira-kira bahasa pemrograman yang ada di dunia ini? atau yang populer saja lah, seperti C#, java, php, javascript, ruby, phyton, objective-c, pascal, asp. sial, banyak amat...

Lantas bagaimana saya sebagai programmer goBlog mensiasati hal ini agar saya tetap bisa menulis program android yang berbasis java, atau menulis program windows dengan c# atau membuat program iOS menggunakan objective-c? saya paling lemah dalam hal menghafal, jadi saya mencoba menemukan akar dan dasar-dasar bahasa pemrograman. Apa sih kesamaan dari masing-masing bahasa pemrograman ini?
Setiap bahasa pemrograman memiliki ciri dan cara masing-masing dalam aturan-aturan yang ditetapkan, misal penulisan { yang popiler di bahasa C dan keturunanya, di bahasa pascal ditulis dengan kata 'begin'. Penulisan variable di java dimulai dengan tipe data kemudian diikuti nama variabel nya (int angka=3) di javascript penulisan variabel akan menjadi seperti ini var angka=3; Ada bahasa yang mengharuskan titik koma dibelakang tiap baris untuk mengakhiri statement ada yang tidak mengharuskan dll dll dll dll dll dll banyak sekali perbedaan masing-masing bahasa pemrograman.
Kunci untuk mahir dalam pemrograman adalah logika. Jika kita sudah tahu alur langkah-langkah penyelesaian masalahnya, kita tinggal mencari tahu aturan penulisan kodenya. Pemrograman bukan ujian nasional yang tidak boleh membuka buku, sumber di internet sudah banyal. misal kita ingin mencari tahu aturan penulisan variabel di java. Ketik saja di google "aturan penulisan variabel java" ketemu jutaan tulisan mengenai hal ini.
Perkuat skill menyelesaikan permasalahan, berusaha membagi permasalahan menjadi bagian-bagian kecil untuk mempermudah menemukan solusi. Jangan bermalas malasan dengan mengcopy-paste semua script yang ditemukan, pelajari, pahami, dan coba terapkan.

Wah-wah jadi ngelantur gini pembahasan kita. Intinya mah, gak perlu muluk-muluk harus menhafal semua bahasa pemrograman, memang bukan hal yang mustahil, tetapi kita bisa memanfaatkan sumberdaya yang ada ketimbang harus menggali sendiri. Dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada saya tidak mengatakan bahwa kita bisa asal comot source-code orang di internet, tetapi lebih kepada untuk menterjemahkan hasil pemikiran logika kita kedalam bahasa pemrograman. Dengan kata lain untuk menterjemahkan hasil olahan kepala kita kedalam bahasa pemrograman yang tidak semua sintak dan seagala aturanya bisa kita hafal.
Lebih jauh lagi, kita juga harus mempertimbangkan tujuan kita belajar bahasa pemrograman tersebut untuk apa. Jadilah master disatu bahasa pemrograman, maka kita akan menemukan cara untuk memanfaatkan bahasa pemrograman tersebut disemua bidang.

Tambah nganar dah tuh bahasan.
Basing dah, keep coding. Dan jagan dihafal codinganya, muntah-muntah dah tuh bahas pemrograman di hafalin. Dikira mau ujian nasional kali yak kaga bisa nyontek sampe harus dihafal...

2 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.