Cara mudah belajar pemrograman komputer

Sabtu, 07 Februari 2015

Mengetik dengan perintah suara tanpa menyentuh keyboard

Halo selamat malam. Kali ini kita akan mereview beberapa software yang dapat digunakan untuk mengetik  dengan menggunakan suara. Benar sekali anda tidak salah membaca. Teknologi yang sangat maju seperti sekarang ini sudah tidak mustahil lagi bagi kita untuk dapat mengetik tanpa menyentuh keyboard sama sekali.  Software software ini sangat berguna sekali ketika harus mengetik dengan cepat. Yang kita perlukan hanya sebuah microphone yang terhubung dengan komputer, kita hanya tinggal mendikte dan komputer akan menulis apa yang kita katakan.  Terbayang bukan bagaimana pengaplikasian software-software ini dikehidupan nyata.  Seperti membuat laporan, mengetik skripsi, membuat makalah dan bahkan mengetik blog seperti yang saya lakukan sekarang ini.

 1.Voice Recognition

 Aplikasi yang dibuat oleh  Amit Agarwal untuk Digital Inspiration.  Aplikasi ini menyimpan tulisan anda pada data browser secara otomatis. hal ini memungkinkan anda untuk dapat mengakses kembali tulisan anda tersebut meskipun anda secara tidak sengaja menutup browser. Aplikasi ini menggunakan google voice to text engine dengan segala kemajuan dan kecanggihannya. Anda tidak harus mengetik menggunakan bahasa inggris karena aplikasi ini dapat mengerti berbagai bahasa termasuk bahasa indonesia.  Secara default aplikasi ini akan mendeteksi bahasa yang digunakan oleh google chrome anda, namun anda dapat dengan mudah mengubahnya menggunakan menu yang terletak di bagian bawah aplikasi ini.

 2. Dictanote


 Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang hanya memiliki beberapa tombol dan menu,  aplikasi yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan microsoft word.  Dengan menggunakan aplikasi ini anda juga tidak harus mengetik menggunakan bahasa inggris, sama dengan aplikasi diatas dictanone  juga mendukung banyak bahasa termasuk juga bahasa indonesia.

3. VoiceNote II Voice to text




 Berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya yang terbuka pada tab baru di google chrome anda. Ketika anda menjalankan aplikasi voice note 2 ini aplikasi akan berjalan di jendela baru.  Sama halnya dengan kedua belas kasih sebelumnya aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa. Anda hanya tinggal men-klik  gambar bola dunia yang ada di menu kiri bawah  bebas memilih bahasa yang anda inginkan.  Berbeda dengan Dictanote  aplikasi yang satu ini memiliki tampilan menu pada kanan bawah yang berfungsi diantaranya untuk:  backspace, titik, koma, tanda tanya, tanda seru, paragraf baru,  membatalkan atau undo  dan tombol-tombol lainnya untuk memasukkan tanda baca.

 Dari ketiga aplikasi diatas VoiceNote II Voice to text  yang paling saya rekomendasikan. Selain karena tampilannya yang sederhana, fungsi fungsi yang dimilikinya cukup bermanfaat.
 Semua aplikasi diatas merupakan ekstensi untuk browser google chrome,  yang artinya anda harus menginstal aplikasi aplikasi tersebut pada browser google chrome anda.

 Baiklah, demikian tadi merupakan aplikasi aplikasi yang dapat digunakan ketika kita ingin menulis mengetik dengan menggunakan suara tanpa menyentuh keyboard.  Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, apabila anda memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah.

Baca juga cara Mengubah perangkat android menjadi microphone untuk PC

1 komentar:

  1. Kok susah ya mas.. kalau harus memasukan tanda baca.kapan ya di perbaiki sama google.

    Www.kartinijatifurniture.com

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.