Cara mudah belajar pemrograman komputer

Sabtu, 07 Februari 2015

Pengertian dan pengantar pemrograman komputer




Kali ini kita akan membahas tentang pemrograman komputer. Tulisan ini ditujukan untuk anda yang sedang menempuh pendidikan di bidang komputer atau bagi anda yang ingin belajar tentang pemrograman komputer, tulisan ini juga ditujukan untuk memberikan gambaran umum tentang pemrograman komputer yang dapat dimengerti dengan mudah harapannya.
 Komputer merupakan benda yang sangat canggih yang memiliki kemampuan baik itu menulis menggambar menghitung dan lain sebagainya namun di sisi lain komputer juga merupakan suatu benda mati yang bodoh. Mengapa dikatakan bodoh? Memang benar komputer dapat melakukan penghitungan  dengan cepat dan akurat, namun komputer tidak mampu melakukan hal ini tanpa kita sebagai manusia yang mengajarkannya untuk melakukan hal tersebut.  Jika kita berbicara tentang pemrograman komputer maka tidak dipungkiri kita sedang membahas tentang aplikasi komputer,  lantas apa aplikasi komputer itu?  Mengabaikan pengertian textbook tentang aplikasi komputer, aplikasi komputer menurut saya adalah kumpulan perintah perintah yang ditujukan bagi komputer untuk melakukan tugas tertentu.  Hal ini dapat kita ibaratkan seperti resep untuk membuat sebuah makanan atau instruksi instruksi untuk meng buat makanan.  Sebagai contoh, resep atau cara untuk membuat kopi yaitu:  ambil gelas, masukkan satu sendok, tambahkan gula, masukkan air lalu aduk hingga kopi dan gula terlarut dalam air.
 Kita bisa menamakan resep ini "cara membuat kopi".  Nah dalam pemrograman komputer resep cara membuat kopi ini kita sebut dengan aplikasi yang mana aplikasi ini dapat kita gunakan ketika di lain waktu kita ingin membuat kopi.
 Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa komputer itu bodoh,  untuk dapat membuat  segelas kopi, kita harus memberitahukan komputer ini langkah demi langkah bahkan mengenalkan benda benda seperti sendok gula gelas dan kopi.
 Sebagai contoh apabila kita ingin meminta komputer untuk membuat segelas kopi maka langkah langkah yang harus kita lakukan adalah:  beritahu kepada  komputer yang mana namanya gelas, yang mana sendok, yang mana kopi, yang mana gula dan yang mana namanya air.  Setelah kita memberi tahukan benda benda tersebut maka selanjutnya kita memberikan instruksi pertama,  yaitu ambil gelas,  masukan 1 sendok kopi,  masukkan gula,  tuangkan air,  lalu aduk.  Proses mengenalkan dan memberikan instruksi instruksi ini terus kita ulang dan ulang setiap kali kita meminta komputer untuk membuat kopi.  Agar komputer ini dapat membuat kopi tanpa kita harus memberikan instruksi satu persatu seperti di atas setiap kali kita ingin membuat kopi, Yang perlu dilakukan adalah menulis sebuah aplikasi dan menyimpannya ke dalam komputer tersebut,  sehingga ketika kita ingin membuat kopi makanya kita tinggal minta komputer tersebut untuk menjalankan aplikasi yang baru kita buat.
 Bentuk dalam pengaplikasiannya ke dalam program komputer tentu tidak sesederhana ilustrasi di atas, karena pada dasarnya komputer tidak mengerti bahasa kita. Yang dimengerti oleh komputer hanya membaca sinyal sinyal listrik yaitu 1 untuk memberikan sinyal hidup dan 0 untuk memberikan sinyal mati.  Bentuk sinyal sinyal 1 dan 0 ini dalam bahasa komputer disebut dengan biner atau bilangan berbasis 2. Oleh karena komputer tidak mengerti bahasa manusia maka kita yang harus belajar bahasa komputer ini yang kita kenal dengan bahasa pemrograman.  Secara umum bahasa pemrograman terbagi dua yaitu bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah bahasa tingkat tinggi maksudnya adalah bahasa yang lebih mirip kepada bahasa manusia. Contohnya antara lain bahasa c, bahasa pascal, bahasa java dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan bahasa tingkat rendah adalah banyak yang lebih mirip dengan bahasa komputer, seperti bahasa assembly dan bahasa mesin.

 Ketika kita berbicara tentang bahasa pemograman atau pemrograman komputer, yang terbayang di benak kita kemungkinan adalah komputer desktop atau pc. Komputer tidak hanya terbatas untuk sebuah dekstop komputer atau pc saja, kalkulator handphone televisi bahkan sebuah remote control televisi merupakan sebuah komputer yang dapat kita program agar dapat melakukan tugas tugas tertentu. Nah oleh sebab itu jika kita bergerak dan berkecimpung di dunia komputer mengerti dan menguasai bahasa pemograman komputer atau pemrograman komputer merupakan suatu keharusan. Mengapa saya katakan demikian, kita ambil sebuah contoh ketika kita bergelut dibidang jaringan komputer mungkin kita tidak menyadari bahwa kita sebenarnya juga berkecimpung di dunia pemrograman. Karena pada dasarnya perangkat perangkat jaringan juga merupakan komputer yang dapat kita program.

 Demikianlah sebuah gambaran umum tentang pemrograman komputer agar dapat menjadi pegagan dan bekal bagi kita untuk memasuki dunia komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.