Cara mudah belajar pemrograman komputer

Senin, 09 Februari 2015

Memilih dan menentukan bahasa pemrograman pertama untuk dipelajari



Hello this is chalax the programmer goBlog..
Kali ini kita akan membahas tentang bahasa pemrograman apa yang cocok untuk kita pelajari sebagai gerbang awal kita memasuki dunia pemrograman komputer.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bahasa pemrograman komputer adalah bahasa yang kita gunakan untuk dapat berkomunikasi atau memerintah komputer untuk melakukan berbagai hal, atau simpelnya bahasa pemrograman adalah bahas untuk kita menulis resep makanan.
Berbicara tentang bahasa pemrograman komputer, saat ini sudah banyak sekali bahasa pemrograman ada, scala, cobol, basic, c, c++, objective-c, c#, java, python, ruby, php, vb dan ratusan bahas pemrograman lainya.
Lantas bagaimana kita memilih bahasa mana yang akan kita pelajari sebagai modal awal?
Banyak orang mengatakan untuk memilih bahasa pemrograman anda harus menentukan terlebih dahulu jenis program apa yang ingin anda buat, mau buat program android? java bahasa ibu nya. Mau buat aplikai IOS iphone iphad MacOS objective C induk semangnya. Mau buat sistem operasi seperti Linux, Unix, Windows atau macOS? bahasa C yang mereka gunakan. Mau buat game dan animasi? C++ solusinya. Mau buat aplikasi microsoft? VB, C# solusinya.

Saya setuju untuk yang satu ini, tetapi selain mempertimbangkan tujuan, kita juga tidak dapat mengabaikan untuk menguasai banyak bahasa. Ya seperti yang saya katakan semua benda elektronik merupakan komputer yang dapat di program, bahkan keyboard anda merupakan komputer yang dapat di program. Maka menguasai berbagai bahasa pemrograman sangat-sangat diperlukan, atau setidaknya kita memahami sedikit tentang bahasa tersebut. Oleh sebab itu bagaimana kita menentukan bahasa mana yang kita pilih pertama kali untuk menjadi bekal agar apabila suatu saat kita ingin belajar bahasa pemrograman lainya kita sudah mengerti dasarnya karena bahasa tersebut mungkin mirip dengan basahasa pemrograman yang pertama kita pelajari.
C merupakan induk bahasa pemrgoraman yang menurunkan banyak bahasa-bahasa pemrograman lainya seperti C++, objective-C, c#, java, perl, pyton, php dll. Karena merupakan keturunan dari bahasa C maka struktur penulisan bahasa-bahasa tersebut mirip dengan induknya, baik deklarasi variabel, penulisan dan pemanggilan fungsi, operasi matematika, penggunaan simbol, tipe data dll.
Cobol.

Banyak kampus dan sekolah di indonesia yang mengajarkan pemrograman, kebanyakan memilih pascal untuk dipelajari pertama kali, namun melihat banyaknya bahasa pemrograman yang saat ini populer rata-rata merupakan pengembangan dari bahasa C, saya rasa bahasa C patut untuk dicoba pertama kali. Sehingga ketika kita berencana pindah ke objective-c (bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi untuk produk-produk apple seperti ios dan macOS) maka kita tidak akan menemui banyak perbedaan karena memang struktur bahasa dan aturan-aturanya mirip. Atau jika kita ingin membuat aplikasi untuk android, bahasa java juga merupakan turunan dari bahasa C. mau membuat aplikasi microsoft seperti windows phone? c# juga keturunan C kan? Mau memprogram micro-controller pada robot atau perangkat-perangkat elektronik? C sangat mampu untuk hal ini.
Mau membuat aplikasi untuk web? PHP saya rasa sangat populer.

Jadi, sudah tau bahas mana yang mau dipelajari lebih dulu kan.
Atau punya pendapat lain? silahkan utarakan di kolom komentar beserta alasanya ya...

Kami programmer goBlog, mengajarkan dengan cara-cara goblog tapi bukan cara pemalas.
Rule the world through the code.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.