Cara mudah belajar pemrograman komputer

Selasa, 17 Februari 2015

Memulai pemrograman komputer dengan bahasa JAVA -- Instalasi JDK dan Eclipse sebagai IDE

Halo lagi, masih dengan programmer goBlog. Pada tulisan-tulisan sebelumnya kita telah belajar tentang dasar-dasar pemrograman komputer, hal-hal mendasar tentang pemrograman, kita juga telah belajar tentang variable, perulangan, pengertian fungsi, logika kondisi if dan else, juga telah kita ketahui apa itu compiler dan apa itu IDE dan text editor. Kali ini kita akan memulai belajar pemrograman pertama kita menggunakan bahasa pemrograman java.
Mengapa java? kata orang-orang java itu susah. Tidak ada bahasa pemrograman yang susah kalau kita sudah mengerti dasar-dasar pemrograman. Karena pada dasarnya semua bahasa pemrograman itu adalah tentang logika.
Mengapa saya memilih java? pertama dan yang paling sering terasa adalah java merupakan bahasa pemrograman yang murni object oriented (object oriented programming --OOP) yaitu metode pemrograman yang saat ini banyak diterapkan. Selain itu java merupakan bahasa yang dapat dengan mudah diterapkan pada perangkat perangkat kecil seperti handphone dan perangkat-perangkat lain. Alasan lainya karena sistem operasi mobile yang saat ini banyak digunakan seperti android menggunakan bahasa java sebagai bahasa native nya. Dengan java kita juga bisa membuat website maupun program computer, selain itu java merupakan bahasa yang mengusung semboyan "write once run everywhere" yang dimaksudkan untuk menulis satu kali saja programnya dan dapat digunakan disistem operasi apapun, selama sistem operasi tersebut memiliki java runtime environment.

Java merupakan bahasa keturunan dari bahasa C jadi sintak dan aturan penulisanya banyak mirip dengan bahasa-bahas turunan c lainya seperti C# C++ PHP dan Javascript, oleh sebab itu apabila suatu saat kita ingin belajar bahasa lainya kita akan dengan mudah beradaptasi dengan bahasa baru tersebut tanpa banyak perbedaan.

Pada tulisan kali ini kita akan mencoba untuk mempersiapkan lingkungan kerja atau alat-alat yang kita butuhkan untuk menulis program dengan bahasa java, yang kita butuhkan yaitu JDK dan IDE. Kita bebas untuk memilih IDE yang sesuai dengan kita, namun saya memilih untuk menggunakan eclipse sebagai IDE untuk belajar dan membuat program dengan bahasa java.

Untuk tutorial tentang bagaimana menginstall JDK dan mempersiapkan eclipse, anda dapat melihat pada tutorial dalam video yang saya buat dibawah ini.


Jika anda merasa tutorial ini bermanfaat jangan ragu untuk berbagi melalui akun media sosial anda.
Dan jika anda memiliki pertanyaan dengan senang hati akan saya jawab, silahkan tinggalkan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah ini.
Akhir kata kami programmer goBlog, mengajarkan dengan cara-cara goblog namun bukan dengan cara pemalas.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.