Cara mudah belajar pemrograman komputer

Rabu, 11 Februari 2015

Cara mudah untuk memahami Pengertian dan penerapan logika if dan else

Halo, ketemu lagi dengan si programmer goBlog.
Masih ingat dengan program komputer pertama kita di tulisan ini
Menulis program komputer pertama saya, memahami dengan sederhana dan mahluk-mahluk asing di tulisan yang ini Hal hal mendasar yang patut kita pertimbangkan dan pahami sebelum belajar pemrograman komputer ?Kali ini kita akan membahas tentang mahluk-mahluk ini, kita akan belajar dari awal guna memahami dengan sederhana sehingga kita tidak asal belajar tanpa mengerti dasar-dasarnya.
Pada tahap ini yang akan kita fokuskan adalah untuk menguasai logika dan beradaptasi dengan lingkungan baru, kita tidak perlu tahu bahasa apa yang dipakai. Yang penting kita tahu bagaimana mengucapkan sendok, bagaimana mengucapkan makan, maka kita bisa hidup di dunia asing :D...
Maksudnya asal kita tahu dulu bentuk nya dan apa gunanya.

Lanjut belajar, untuk kali ini kita akan mengenal dan mencoba memahami tentang variabel dan kegunaanya. Serta sedikit bermain main dengan logika kondisi. Silahkan buka notepad anda, sudah tahu kan cara membuka notepad.
Lalu ketik ulang kode-kode dibawah ini, hati-hati jangan sampai terlewat satu titik atau titik koma pun..

var oShell = WScript.CreateObject("WScript.Shell");

var adikA="Saya adiknya shell kak nama saya A";

var adikB="Dan saya adiknya lagi kak nama saya B";

oShell.run("notepad");
WScript.sleep(1000);

oShell.sendKeys(adikA);

WScript.sleep(1000);

oShell.sendKeys("------>");

WScript.sleep(1000);

oShell.sendKeys(adikB);

Lalu simpan dengan nama tiga.js
Jangan lupa menutup notepadnya terlebih dahulu sebelum menjalankan program tersebut.
Klik dua kali atau double click pada file hasil simpan tadi.

Penjelasan program diatas seperti ini.
1. Pak komputer, saya mau ngapelin anak bapak yang namanya Shell binti Komputer.
2. Adiknya si shell memperkenalkan diri, namanya A.
3. Adik yang lain lagi memperkenalkan diri juga, namanya B.
4. Pak komputer, pinjem kertas sama pena dong.
5. Tunggu sebentar ya nak (nunggu 1000ms)
6. eh, shell. tadi adik kamu bilang apa  ya? coba sih tulis di kertas ini.
    ----Adik aku yang pertama tadi bilang "Saya adiknya shell kak nama saya A"
7. Oo,, (tarik napas bentar (1000ms) ada bapaknya lewat.
8. Si shell buat gari ti kertasnya ----------->
9. Jeda lagi, si bapak lewat terus nih..
10. Trus yang satunya tadi
    -----yang kedua bilang "Saya adiknya lagi kak, nama saya B.


Dih malah ngedongeng si programmer goBlog ini, bukanya jelasin. Lah itu tadi ngejelasin.
Baris per baris dialog antara kita dengan komputer...
Intinya program tadi sih cuma ngebuka notepad trus nampilin tulisan di notepad tadi.


Coba deh diubah ubah isi dari var adikA dan var adikB, tapi cuma boleh ubah yang didalem tanda petik ya,,
Kalau mau ganti tulisan adikA jadi kakakIpar juga boleh kok.
Tapi yang dibaris 6 dan 10 diganti juga ya, disamakan..

Nah adikA dan adikB itu tadi yang kita sebut sebagai variabel.

Kalau sudah puas main main dengan si variabel tadi, kita coba main-main dengan logika kondisi atau if else.

Tutup notepad yang tadi, buka notepad baru dan ketik ulang kode-kode dibawah ini.

var oShell = WScript.CreateObject("WScript.Shell");

var emberA= 3;

var emberB= 2;

oShell.run("notepad");

WScript.sleep(1000);

if(emberB==emberA){

 oShell.sendKeys("Isi emberA sama dengan isi emberB");

}else{

 oShell.sendKeys("Isi emberA TIDAK sama dengan isi emberB");

}



if(emberA > emberB){

 oShell.sendKeys(" ---> isi emberA lebih dari isi emberB");

}else{

 oShell.sendKeys(" ---> isi emberA tidak lebih dari isi emberB");

}


Simpan dengan nama empat.js lalu tutup notepad dan jalankan file yang baru saja kita simpan.
Lihat hasilnya lalu tutup notepad yang terbuka.
Coba ganti ganti isi dari emberA dan emberB dan jalankan, lihat hasinya seperti apa. Tapi ingat ganti dengan angka saja ya.

Inti dari program diatas cuma sederhana,
2. ambil emberA isi dengan air 3 liter.
3, ambil emberB isi dengan air 2 liter.
4. ambil kertas (notepad)
5. jika (if) isi emberA sama banyak dengan isi emberB maka tulis "isi emberA sama dengan isi ember B" atau jika tidak (else) maka tulis "isi emberA tidak sama dengan isi emberB"

lalu..

10. Jika (if) isi emberA lebih banyak (emberA > emberB) maka tulis " ---> isi emberA lebih dari isi emberB" dan jika ternyata isi emberA tidak lebih banyak dari emberB (else) maka tulis "---> isi emberA tidak lebih dari isi emberB"

Sederhana bukan..

Nah kita barusaja belajar tentang logika kondisi, jika.... maka ....
Dan juga beberapa operasi aritmatika seperti ==, <, >,
Masing masing bahas pemrograman punya simbol masing masing untuk ini, tapi kebanyakan memang menggunakan simbol yang sama seperti di matematika.
berikut daftar simbol lain yang bisa digunakan.
!= atau dibaca tidak sama dengan
<= atau kurang dari sama dengan
>= atau lebih dari sama dengan
ah ini di matematika sd juga sudah diajarkan, jadi tidak perlu dijelaskan lagi sepertinya.

Baiklah, itu tadi tentang pengertian dan contoh penerapan if else dan pengenalan tentang variabel.
Sebagai catatan, program diatas merupakan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman JavaScript, tentu tidak semuanya javascript karena merupakan gabungan dengan Macro dan WScript. Jangan khawatir, kita tidak perlu tahu terlalu dalam tentang mahluk mahluk ini untuk sementara. Belajar dasar logikanya dulu, nanti kalau kita sudah mulai memahami barulah kita akan beranjak mempelajari bahasa pemrogramanya.

Selalu, kami programmer goBlog, mengajarkan dengan cara-cara goblog tapi bukan cara pemalas.
Selamat beraktivitas...

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.