Cara mudah belajar pemrograman komputer

Rabu, 18 Februari 2015

Mengenal tipe data dan perbedaan tipe-tipe data pada java, serta mengenal deklarasi variable di java.

Halo sobat programmer goBlog. Kali ini kita akan melanjutkan tulisan sebelumnya tentang memulai belajar pemrograman dengan menggunakan java, dimana pada tulisan sebelumnya kita telah menginstall eclipse IDE dan JDK.
Pada tulisan ini kita akan berkenalan dengan mahluk yang bernama tipe data dan bagaimana hukum atau aturan pendeklarasian variable dalam bahasa pemrograman java. Jika anda belum paham tentang pengertian variable anda bisa membaca tulisan sebelumnya tentang variable disini.

Baiklah, dalam bahasa pemrograman java untuk dapat mendeklarasikan variable kita diharuskan untuk menyebutkan terlebih dahulu tipe data yang akan ditampung oleh variabel tersebut.
Dalam java, bentuk penulisan variable yaitu tipedata namavariable = isiVariabel; contoh int bilangan1 = 29;
Lantas apa sih mahluk yang bernama tipe data ini? Tipe data seperti namanya merupakan pengelompokan jenis datanya.
Didalam bahasa java kita mengenal 8 tipe data primitif dan satu tipe data yang secara khusus di support oleh java. siapa saja mahluk-mahluk ini?
Berikut tipe-tipe data yang ada di bahasa pemrograman java dan perbedaan masing-masing tipe data tersebut.

1. byte
Byte merupakan tipe data yang dimaksudkan untuk menampung tipe data berbentuk angka atau bilangan. Jumlah data yang dapat ditampung oleh tipe data byte yaitu terbatas dari -128 s/d 127.
Jadi jika kita menggunakan tipe data byte, kita tidak dapat menyimpan bilangan kurang dari -128 atau lebih dari 127.

2. short
Tipe data char dalam bahasa pemrograman java juga merupakan tipe data yang digunakan untuk menampung data yang berbentuk bilangan atau angka, namun berbeda dengan byte, char mampu menampung data lebih banyak yaitu antara -32768 s/d 32767
Jadi kita tidak dapat menampung data yang lebih besar atau lebih kecil dari batas kemampuan tipe data tersebut.

3. integer / int
Integer merupakan tipe data yang juga digunakan untuk menampung tipe data berbentuk angka atau bilangan, namun dengan kemampuan yang jauh dari kedua tipe data sebelumnya. Integer dapat menampung data dari rentang -2 x 10 pangkat 31 s/d (2x10 pangkat 31) -1.

4. long
Selain ketiga tipe data diatas yang dapat digunakan untuk menampung tipe data berbentuk angka, juga terdapat satu lagi tipe data yang mampu menampung tipe data berbentuk angka dengan kemampuan yang lebih besar yaitu antara -2x10 pangkat 63 s/d (2x10 pangkat 63) -1

5. float
Lalu selain tipe data yang dapat menampung data berupa angka atau bilangan, terdapat juga tipe data float yang mampu menampung data bertipe bilangan desimal.

6. double
Sama seperti float, double juga merupakan tipe data yang digunakan untuk menampung data bilangan desimal. Meskipun terdapat perbedaan antara float dengan double, namun pada tulisan kali ini kita hanya akan membahas kedua mahluk ini sebagai mahluk yang sama, yaitu sama-sama untuk menampung data bilangan desimal.

7. boolean
boolean merupakan tipe data yang digunakan untuk menampung data berupa kondisi logika yaitu benar atau salah. true / false.

8. char.
Char merupakan tipe data yang digunakan untuk menampung satu buah karakter tunggal yang diapit oleh tanda petik tunggal. contoh 'c'.
Dengan tipe data ini kita tidak dapat menampung data berupa kata atau kalimat.
Lantar bagaimana jika variabel yang saya deklarasikan akan menampung kata atau kalimat? gunakan string.

9. String
String merupakan tipe data yang di dukung secara khusus oleh java selain kedelapan tipe data primitif yang disebutkan sebelumnya. Tipe data String dapat digunakan untuk menampung data berupa tulisan baik kata maupun kalimat. Bentuk penulisan isi dari tipe data string selalu diapit oleh tanda petik ganda ("). contoh :

String slogan = "Kami programmer goBlog";


Yak itulah tadi tipe-tipe data yang ada pada bahasa pemrograman java dan apa saja kegunaan dan perbedaan dari masing-masing tipe data tersebut.
Bagi anda yang merasa sulit untuk mengerti penjelasan melalui tulisan, anda juga dapat melihat video di chanel saya tentang bagaimana penulisan variabel dan tipe-tipe data serta perbedaanya.

Jangan lupa untuk share dan follow programmer goBlog di google plus.
Jika anda ingin bertanya tentang materi pemrograman, silahkan post pertanyaan anda di kolom komentar. atau anda dapat menghubungi langsung melalui google plus.

Akhir kata kami programmer goBlog, mengajarkan dengan cara-cara goblog namun bukan cara pemalas.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Blog Archive

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.